Plasma medis dan daun sirih dalam penyembuhan luka diabetes

Detail Cantuman

Text

Plasma medis dan daun sirih dalam penyembuhan luka diabetes

XML

Angka kejadian luka setiap tahun semakin meningkat, baik luka jenis akut maupun luka kronis. Semua jenis luka tersebut dapat dialami semua orang dalam kehidupan sehari-harinya, karena berbagai macam peristiwa contohnya luka karena benda tajam, gigitan hewan, atau jatuh dari kendaraan, serta penyebab luka lainnya yang terjadi secara tiba-tiba maupun tidak disengaja. Maka perawatan pada luka harus tepat supaya proses penyembuhannya pun cepat. Salah satu teknologi yang memiliki potensi sebagai perawatan luka adalah plasma medis (Plasma medicine). Sirih (Piper betle) telah dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk dalam penyembuhan luka. Ekstrak daun sirih dalam bentuk cairan akan diuji untuk berinteraksi secara sinergisme dengan plasma medis dalam proses penyembuhan luka.

Terdapat beberapa kelompok perlakuan dan kelompok control pada pengujian efektivitas penyembuhan luka pada penelitian ini dengan menggunakan kelompok kontrol tanpa perlakuan plasma dimana luka hanya dibalut dengan hydrocolloid dressing dan oxoferin. Kelompok perlakuan menggunakan pembalut luka hydrocolloid dressing, plasma medis/plasma jet, serta formula ekstrak daun Sirih.

Hasil pengujian efektivitas terapi kombinatif Plasma Medis dan Daun Sirih (Piper Betle) dalam proses penyembuhan luka menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa kombinasi plasma medis dengan ekstrak etanol daun sirih tidak menunjukkan efek sinergisme pada fase inflamasi dan proliferasi. Kandungan etanol dalam ekstrak sirih justru dapat menghambat kinerja dari plasma medis. Namun perlakuan dengan ekstrak etanol daun sirih saja dapat menunjukkan proses penyembuhan luka yang lebih baik dibandingkan kelompok kontrol negatif.

Glosarium: hlm. 44-47
Indeks: hlm. 48-50


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Bahasa
Indonesia
Isbn/Issn
9786237261414
Penerbit UNIMMA Press : Magelang.,
Edisi
1
Subyek
Copyright
2020 Eka Sakti Wahyuningtyas; Isabella Meliawati Sikumbang
Lisensi
Creative Commons Attribution 4.0 International License
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya